MEMBANGUN KEDEKATAN LEWAT JURNAL PAGI
Halimatul Muayadati (Bu Ulya), Guru Kelas 3 SD
Kegiatan yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bahkan sangat familiar di kalangan guru, siswa mungkin juga wali murid. Pembiasaan jurnal pagi dilakukan dari jenjang TPA, KB, TK hingga SD. Pada pelaksanaannya, jurnal pagi dilakukan bersamaan dengan kegiatan talaqqi sekitar pukul 07.30 hingga 08.00 pagi, tepatnya saat anak-anak sudah sampai di sekolah, mereka boleh memilih untuk talaqqi atau melakukan jurnal pagi. Tentunya dengan pendampingan masing-masing guru yang bertugas.
Jurnal pagi biasanya kami isi dengan membaca, bercerita, menggambar, bermain tebak-tebakan, ice breaking, menulis dan masih banyak lagi. Untuk jenjang PAUD biasanya anak-anak lebih mengeksplor kegiatan jurnal pagi dengan menggambar atau membaca dan bermain. Berbeda lagi pada jenjang SD, pada jenjang ini anak-anak sudah mulai siap untuk bercerita, mengisi teka teki silang, sharing pengalaman berkesan, merangkai cerita melalui tulisan bahkan sering juga curhat tentang perasaan suka, sedih, bahagia, malu dan lain-lain. Tidak jarang pula anak-anak tidak ingin melakukan jurnal pagi, ada banyak keluhan yang mereka nyatakan kepada guru jurnal. Salah satunya, bosan, kurang ide, sedang malas dan masih banyak lainnya. Sebagai guru kita juga harus membuat pilihan kegiatan yang menarik agar anak tidak bosan. Nah, berikut ini langkah atau tips yang mungkin bisa membantu guru dalam mendampingi anak dalam kegiatan jurnal pagi:
-> Guru memulai kegiatan jurnal pagi dengan semangat dan hati yang senang
-> Ajaklah teman-teman untuk ngobrol tentang suasana hati saat itu
-> Tanyakan kegiatan jurnal pagi yang ingin di pilih
-> Bergabunglah menjadi bagian dari kegiatan mereka
-> Berikanlah feedback positif dan menyenangkan
Dari kegiatan ini, banyak sekali benefit yang didapatkan. Salah satunya adalah untuk membangun kedekatan dengan siswa. Sebagai seorang pendidik, membangun kedekatan dengan siswa merupakan bagian penting yang tidak boleh terlewatkan. Jurnal pagi memberikan banyak inspirasi dan informasi yang kita perlukan untuk memulai kegiatan belajar mengajar di kelas. Bagaimana tidak? dari kegiatan ini, guru bisa mengetahui informasi-informasi penting seputar hobi, potensi dan bahkan suasana hati. Melalui kegiatan-kegiatan inilah guru bisa menjadi teman curhat dan pendengar yang baik untuk siswa. Tentunya guru harus semangat dan kreatif memberikan pilihan kegiatan yang menarik, maka siswa akan tertarik dan semangat melakukan jurnal pagi.
Ingin tahu lebih banyak tentang karya guru lain, anda bisa membaca dengan klik Di sini
Mau tahu lebih detail tentang Sekolah Islam Umar Harun, anda bisa membuka dan membaca profil Di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar