Jumat, 09 Juni 2023

Perayaan Hasil Belajar | Kolaborasi Kelas TK B, 2, dan 3 SD

 


“Lingkungan Kita, Tanggung Jawab Bersama”

Orang tua mulai berdatangan memasuki tempat acara. Sambil ditemani oleh anak, orang tua dipersilahkan berkeliling dan melihat galeri karya yang sudah tertata rapi. Terdapat pula stand-stand yang sudah dipersiapkan sedemikian rupa serta ada juga pemutaran video dokumentasi kegiatan riset anak.

Gambaran di atas merupakan cuplikan suasana perayaan hasil belajar (PHB) kolaborasi kelas TK B, kelas 2 SD, dan kelas 3 SD. Kegiatan ini berlangsung pada hari Ahad, 21 Mei 2023 di sekolah Islam Umar Harun dan merupakan lanjutan dari rangkaian PHB sebelumnya.

Dipandu Pak Joko dan juga Mbak Dea (TK B), acara diawali dengan membaca doa sebelum belajar dan Asmaul Husna. Dilanjutkan membaca nadham Aqidatul Awwam dengan diiringi hadrah yang dimainkan oleh anak dan guru.

Tema yang diangkat dalam kolaborasi ini adalah Lingkungan Kita Tanggung Jawab Bersama. Pengambilan tema ini didasari atas temuan sering dijumpainya lingkungan yang belum bersih dan terdapat tanaman yang tidak terawat dengan baik. Anak bekolaborasi untuk mencari ide solusi dari permasalahan ini. Ide solusi yang didapatkan yaitu melakukan kampanya melalui karya yang bisa dinikmati banyak kalangan.



Menariknya pada PHB kali ini anak dan guru kompak memakai kaos desain anak-anak lho, keren kan. Kaos ini didesain oleh anak-anak dengan tujuan mengajak semua orang untuk menjaga lingkungan. Ada juga persembahan shalawat hasil gubahan Mas Mufid (3 SD) yang mengangkat tema kolaborasi yaitu Lingkungan Kita Tanggung Jawab Bersama.

Lingkungan Kita Tanggung Jawab Bersama

Irama: Maula Ya Sholli ‘Ala Habibikal Musthofa

 

مَوْلَايَ صَلِّ عَلى حَبِيْبِكَ الْمُصْطَف

سَلِّمْ يَارَبِّ عَلى نَبِيِّكَ الْمُجْتَبَى

سَلِّمْ يَارَبِّ عَلى نَبِيِّكَ الْمُجْتَبَ

Marilah kita semua menjaga lingkungan kita....

Kalau bukan kita siapa lagi yang menjaga..

Kalau bukan kita siapa lagi yang menjaga...

مَوْلَايَ صَلِّ عَلى حَبِيْبِكَ الْمُصْطَف

سَلِّمْ يَارَبِّ عَلى نَبِيِّكَ الْمُجْتَبَى

سَلِّمْ يَارَبِّ عَلى نَبِيِّكَ الْمُجْتَبَ

Semoga kita semua diberikan berkahnya...

Berkah dari Allah Tuhan sang pencipta...

Jika lingkungan bersih hati akan bahagia...

مَوْلَايَ صَلِّ عَلى حَبِيْبِكَ الْمُصْطَف

سَلِّمْ يَارَبِّ عَلى نَبِيِّكَ الْمُجْتَبَى

سَلِّمْ يَارَبِّ عَلى نَبِيِّكَ الْمُجْتَبَ

 

Sebelum berkunjung, orang tua dan anak membuat kelompok untuk bermain game. Dari game ini terlihat tingkat kefokusan anak dan orang tua. Ada yang bisa mengikuti instruksi dengan baik, ada pula yang bersenggolan karena kurang fokus dengan instruksi.

  




Waktu berkunjung tiba. Secara bergantian, orang tua mengunjungi stand-stand yang tersedia. Ada banyak stand yang bisa dikunjungi, diantaranya ada stand kaos, stand berbagi, stand poster, stand jualan, stand photobooth, dan stand pemeliharaan makhluk hidup. Secara berkelompok maupun individu, anak-anak terlihat tenang dan percaya diri saat menjelaskan riset mereka. Tersedia juga panduan pertanyaan untuk membantu orang tua bertanya ke anak-anak.

“PHB kali ini agak mirip dengan PHB tahun lalu karena ada stand-standnya. Namun yang membuat beda itu ada photobooth yang menarik perhatian orang untuk datang ke sana.   Rasanya terharu dan bangga saat melihat anak membuat desain karya sendiri dan mereka juga memakainya (kaos). Terima kasih banyak”, cerita salah satu orang tua.

Di stand jualan, anak dan orang tua mengantre untuk membeli makanan dan minuman. Ada 4 anak yang berjualan dan menu yang tersedia berbeda-beda. Seperti Mbak Kizzy (2 SD) yang berjualan bola-bola pelangi, Mbak Alina (2 SD) berjualan minuman boba, Mbak Raisa (3 SD) berjualan kentang goreng, dan Mbak Aqila (3 SD) yang berjualan tahu krispi. Dari nama menunya saja sudah terdengar menarik untuk beli ya.


  



Stand-stand yang lain juga tidak kalah menarik nih. Di stand berbagi, anak-anak membagikan produk risetnya ke orang yang berkunjung. Ada yang membagikan jus semangka, es krim dan minuman boba. Stand pemeliharaan makhluk hidup terdiri dari riset anak tentang merawat ikan cana, tanaman aglonema merah, dan bunga kenikir. Untuk stand kaos, poster, buku cerita, dan photo booth merupakan kumpulan  karya anak yang memilih riset menggambar.

“Orang yang lagi membersihkan mainan”, jelas Mbak Nesya (TK B) yang menjawab pertanyaan seputar gambar karyanya.

Disela-sela kunjungan, ada Mas Zahir (2 SD) yang berkeliling membagikan produk risetnya. Mas Zahir menjelaskan bahwa ia melakukan riset tentang menanam kecambah dari kacang hijau. Ternyata ada panduan yang sudah dipersiapkan Mas Zahir di kertas yang menjadi wadah kacang hijaunya. Mas Zahir juga memamerkan hasil uji cobanya lho. Mulai dari percobaan yang masih berbentuk benih hingga menjadi kecambah yang tinggi.

Setelah sesi berkunjung dan foto bersama selesai, dilanjutkan agenda refleksi. Perwakilan orang tua menyampaikan refleksi dari terselenggaranya PHB kali ini. Pembacaan doa menjadi agenda penutup kegiatan PHB.

 


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar