Rabu, 17 Mei 2023

Pembukaan (PHB) Perayaan Hasil Belajar TP. 2022-2023

Perayaan Hasil Belajar, Ragam Asesmen Merdeka Belajar

Pembukaan Perayaan Hasil Belajar (PHB) Sekolah Islam Umar Harun berlangsung dengan seru dan menyenangkan. Pembukaan PHB kali ini (15/5/2023) berlokasi di tempat wisata Karas Jati Stren (KJS), Karas, Sedan.




Sama halnya dengan tahun sebelumnya, kegiatan PHB bukan sekedar kegiatan outbond semata.  Kegiatan PHB merupakan salah satu ragam asesmen sumatif (penilaian akhir semester) yang dilaksanakan setiap akhir semester. Tahun ini, pelaksanaan PHB dilaksanakan di akhir semester genap.

Ada hal yang menarik terkait keberangkatan kali ini. Selain murid dan guru, orang tua juga turut berpartisipasi dalam hal akomodasi kendaraan. Ada yang menjadi relawan bagi murid, guru, dan orang tua lainnya yang membutuhkan kendaraan untuk berangkat ke lokasi kegiatan dan membawa barang-barang.

Setibanya di pintu masuk, guru menyambut dan mengecek kehadiran murid. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB dengan diawali senam bersama. Baik murid, orang tua, dan guru terlihat mengikuti senam bersama yang diiringi lagu Aku Cinta Indonesia.

Salam sapa dilakukan oleh murid dan guru yang berada di panggung utama. Dilanjutkan berdoa bersama agar kegiatan berjalan lancar dan penuh berkah. Pembentukan kelompok dan acara Halal bi Halal dilaksanakan secara bersamaan.

Semua murid menuju area parkir kendaraan untuk membentuk kelompok game. Setiap kelompok memilih kapten tim dan menentukan nama kelompok. Sementara orang tua tetap berada di lokasi untuk melaksanakan kegiatan Halal Bi Halal bersama ketua yayasan Sekolah Islam Umar Harun, Mama Nadi Jirjis, Lc,. M.S.I.

Pembukaan Rangkaian Kegiatan Perayaan Hasil Belajar Sekolah Islam Umar Harun 

Semua murid, orang tua, dan guru berkumpul di depan panggung utama. Perayaan Hasil Belajar resmi dibuka secara simbolis dengan pemotongan pita oleh ketua panitia PHB 2023, Bapak Sholichuddin. Dilanjutkan sesi istirahat dan persiapan game.



Setelah sesi istirahat, semua murid berkumpul sesuai fase kelas masing-masing guna pelaksanaan game. Game kali ini tidak hanya berfokus tentang keseruan saja. Setiap game yang dimainkan mempunyai tujuan pembelajaran, pastinya sesuai perkembangan dan pemahaman murid.

Game dilaksanakan di masing-masing jenjang SD dan PAUD. Jenjang SD terdiri dari 6 kelas, jenjang PAUD terdiri dari 5 kelas. Jenis game yang dimainkan ada dua, yaitu game darat dan gama air.

Pelaksanaan Game Darat

Pada jenjang SD, game darat dikelompokkan menurut fase kelas. Fase A terdiri dari kelas 1 dan 2 SD, fase B terdiri dari kelas 3 dan 4 SD, dan fase C terdiri dari kelas 5 dan 6 SD.

Game yang dimainkan sangat beragam, mulai dari game tebak gambar, mengenal arah, tangram matematika, telepon kaleng, sambung paragraf, berkenalan dengan orang asing, dan membuat cerita.


Pada jenjang PAUD, game darat dikelompokkan menjadi dua yaitu kelas TK dan KB. Di kelas TK game dimainkan secara kolaborasi antara kelas TK A dan TK B. Sedangkan untuk pelaksanaan game di kelas KB dan TPA sesuai kelas masing-masing.

Game yang dimainkan murid pada jenjang PAUD meliputi;

1. Estafet mencari awal huruf benda,

2. Kolaborasi mewarnai gambar, dan

3. Memasukkan bola dalam ring.

Pelaksanaan Game Air

Pada jenjang SD, game air dilaksanakan secara kolaborasi antarkelas. Ada dua game yang dimainkan, yaitu balap lari air dan polo air (sepak bola tangan).

Balap lari air diikuti oleh murid perempuan kelas 1 sampai kelas 6 dan murid laki-laki kelas 1 sampai kelas 3. Tujuan pembelajaran dari kegiatan ini yaitu menumbuhkan profil kolaborasi dan berorientasi pada aksi.

Game ini dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang di masing-masing kelompoknya. Cara bermainnya dengan memindahkan bola dari wadah ke keranjang dengan berdiri di dalam hula hoop. Kekompakan dan kekuatan kaki dibutuhkan agar dapat mengumpulkan bola sebanyak-banyaknya sambil berjalan di air.


Game lainnya yaitu game polo air (sepak tangan) yang diikuti oleh murid laki-laki kelas 4 sampai kelas 6 SD. Game ini dimainkan di kolam dengan tinggi 80 cm yang merupakan kolam paling dalam. Sama halnya dengan game sebelumnya, tujuan pembelajaran dari kegiatan ini yaitu menumbuhkan profil kolaborasi dan berorientasi pada aksi.

Game ini berlangsung sangat seru. Dukungan dari penonton dan semangat para pemainnya membuat euforia game sangat terasa.


Pada jenjang PAUD, game dimainkan di masing-masing kelas. Keseruan terlihat pada game menangkap kartu dan menangkap bola air. Antusiasme murid terlihat saat menangkap kartu warna menggunakan jepit jemuran dan menangkap bola air dengan media kain yang dibentangkan.

Tak kalah seru, game estafet air dan pengelompokan warna juga menarik perhatian guru dan orang tua. Murid-murid terlihat menikmati kegiatan belajarnya yang dikemas dengan cara bermain.



Di tengah keseruan pelaksanaan game, tiba-tiba ada murid yang menghampiri gurunya.

“Bu, aku kedinginan", ucap salah satu murid.

“Kalau begitu yuk segera ganti bajunya!" sahut guru.

Setelah mengambil baju gantinya, murid itu lalu pergi ke kamar mandi dengan segera.

Anak-anak memang antusias sekali melihat air. Banyak kolam renang dan permainan air yang begitu menggiurkan mereka di sini. Bawaannya ingin menceburkan diri saja ke sana. Maka, perlu penguatan dan pengawasan oleh guru dan orang tua agar membantu murid untuk memahami kondisi diri dan waktu pelaksanaan kegiatan.

Setelah menyelesaikan game air, semua murid berganti baju dan beristirahat makan siang. Kegiatan dilanjutkan salat Dzuhur berjamaah. Murid dan guru melaksanakan berjamaah di halaman. Senang sekali pelaksanaan jamaah shalat Dzuhur terlaksana dengan tertib dan khidmat.


Kegiatan diakhiri dengan membaca doa sesudah belajar dan doa akhir majlis. Alhamdulillah acara selesai tepat waktu pukul 13.30 WIB.

Kegiatan ini merupakan awal dari pelaksanaan Perayaan Hasil Belajar (PHB) Sekolah Islam Umar Harun. Rangkaian kegiatan PHB selanjutnya akan berlangsung pada tanggal 17 Mei hingga 25 Mei 2023. 


Rangkaian dan keseruan kegiatan PHB tahun ini bisa dipantau di semua akun media sosial kami @sekolahislamumarharun (FB, IG, YouTube).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar