Jumat, 19 Mei 2023

KESERUAN PHB KOLABORASI KELAS TPA & KB A "AKU BISA"

 



Memasuki ruangan, terlihat anak bermain kejar-kejaran dari sudut satu ke sudut yang lain. Suasana terasa semakin ramai sebab suara anak-anak yang riuh memenuhi ruangan. Terlihat juga orang tua yang duduk sambil mengawasi anak yang sedang bermain.

Hal ini wajar sekali sebab anak-anak sedang melakukan sebuah perayaan. Pada hari Rabu 17 Mei 2023 sedang berlangsung Perayaan Hasil Belajar (PHB) kelas kolaborasi TPA-KB A. PHB ini merupakan kelanjutan dari rangkaian pembukaan PHB kemarin (15/5/2023).

Pelaksanaan PHB kali ini cukup menarik sebab dilakukan secara kolaborasi antara kelas TPA dan KB A. Setelah melakukan kegiatan pembelajaran selama dua semester, hasil belajar anak-anak akan diperlihatkan ke orang tua. Anak akan mempresentasikan pengetahuan dan kemampuan yang sudah mereka kuasai di depan orang tuanya secara langsung.

Acara diawali dengan pembacaan doa sebelum belajar dan dilanjutkan senam bersama. Salam sapa, penyampaian tema dan tujuan PHB serta alur kegiatan dilakukan oleh guru. Tema yang diambil dalam PHB kali ini yaitu Aku Bisa. Untuk konsep acara kali ini dikemas seperti layaknya Taman Pintar. Akan ada banyak stand edukatif yang bisa dikunjungi anak.

Seusai toilet training dan istirahat, anak-anak berbaris memanjang membentuk kereta api dengan ditemani oleh guru dan orang tua. Saat lagu diputar, kereta api mulai berjalan sambil anak menyanyikan lagu “Naik kereta api tut tut tut..”. Menggemaskan sekali melihat anak-anak bermain dengan asyik dan ceria.

  


Kereta berhenti di depan loket karcis. Anak-anak mengantre untuk mendapatkan karcis masuk Taman Pintar. Karcis yang diberikan berbentuk seperti gelang dan sudah ada nama masing-masing anak. Anak-anak senang sekaligus tidak sabar setelah mendapatkan karcis dan segera masuk ke Taman Pintar.

Memasuki area Taman Pintar, anak-anak disambut oleh puzzle lantai warna warni. Puzzle ini diibaratkan seperti jalan setapak, jadi saat menuju ke stand-stand anak berjalan di atasnya. Seru bukan?

Di Taman Pintar ini, banyak stand edukatif yang tertata sedemikian rupa. Seperti stand mabda’, stand lempar bola, stand sikat gigi, stand menyusun balok, stand lego, dan stand mainan gantung. Di sini, anak dibebaskan memilih stand yang mereka kunjungi terlebih dahulu. Pastinya orang tua tidak ketinggalan untuk mendampingi anak menikmati permainan.

“Ini acara PHB pertama yang saya hadiri. Acara ini bagus dan seru.” kata salah satu orang tua yang hadir.

Bukan sekedar bermain, di setiap stand ada guru yang akan melakukan asesmen formatif (penilaian akhir semester). Seperti terlihat di stand mabda’, di stand ini berlangsung asesmen gerakan salat. Guru sudah menyediakan media yang berisi gambar orang yang sedang salat. Ada gambar orang yang berdiri saat salat, melakukan takbiratul ihram, sedang rukuk, dan melakukan sujud.

Guru memberikan stiker berbentuk bintang ke anak, kemudian anak diminta menempelkan stiker tersebut di salah satu gambar gerakan salat. Anak menyebutkan nama gerakan salat yang dipilihnya dan mempraktikkannya di depan orang tua dan guru. Guru kemudian menuliskan kompetensi anak di lembar penilaian.




Di stand lempar bola berlangsung asesmen tentang toilet training. Sebelum melemparkan bola, anak akan diberi pertanyaan oleh guru. Anak lalu diberikan pilihan jawaban yang terdiri dari dua gambar. Anak memilih salah satu gambar yang menjadi jawabannya dengan cara melemparkan bola.

“Kalau di kamar mandi pipisnya gak boleh berdiri, harusnya jongkok.” jawab anak saat mendapat pertanyaan dari guru. Diikuti anak melempar bola ke gambar yang dimaksudnya.



Ada juga mainan kuda-kudaan yang juga jadi favorit anak-anak. Terlihat ada seorang anak yang sedang menaiki kuda-kudaan dan satu temannya yang berdiri di sampingnya.

“Mbak, kamu sedang apa?” tanya ke anak yang sedang berdiri.

“Aku mau main kuda, tapi lagi dimainkan sama temanku itu”, jawab si anak seraya terlihat sedih.

“Kamu suka naik kuda-kudaan ya?”

“Iya aku suka main kuda sama ini”, jawab anak sambil menunjukkan mainan buku berbentuk kupu-kupu.

“Oke, kalau begitu main kudanya bergantian ya. Kamu bisa main buku ini dulu mbak.”

Tak disangka ternyata anak yang sedang bermain kuda-kuda memiliki rasa simpati yang tinggi dengan temannya. Tanpa diminta dia turun dari kuda supaya temannya bisa bergantian memainkannya.

Keseruan acara juga terlihat di stand mainan gantung dan lego. Terlihat anak-anak dengan didampingi orang tua menikmati kegiatan hari ini.




Tiba di penghujung acara, anak dan orang tua melakukan refleksi dari kegiatan PHB kali ini. Anak berefleksi dengan memilih gambar yang tertempel di dinding. Ada dua gambar dengan ekspresi berbeda, yaitu menangis dan senang.

Sedangkan untuk orang tua menuliskan refleksi di kertas dengan panduan pertanyaan yang sudah disiapkan. Acara diakhiri dengan berdoa dan juga foto bersama. Alhamdulillah PHB hari ini berlangsung dengan seru dan semoga bermakna.

Tetap ikuti keseruan PHB selanjutnya ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar