Rabu, 31 Mei 2023

PERAYAAN HASIL BELAJAR KOLABORASI KELAS KB B DAN TK A

 



“Hai namaku mbak Hilwa, aku dari kelas TK A.” Sapa salah satu anak kelas TK A saat pembukaan perayaan hasil belajar (PHB) kolaborasi kelas TK A dan KB B yang dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2023. Pembukaan PHB diisi perkenalan diri anak secara berkelompok dan bergantian di hadapan para orang tua yang sudah hadir di tempat acara. Setelah acara perkenalan diri anak-anak yang terlihat percaya diri, anak-anak kemudian diajak oleh bu Lia sebagai MC untuk melantunkan doa asmaul husna bersama di depan.



Setelah berdoa bersama, bu Lia kemudian menjelaskan latar belakang tema pembelajaran riset kelas TK A dan KB B yang dimulai dengan memantik ke anak-anak, salah satunya seperti menanyakan kenapa tema risetnya tentang "Bermain yang Aman". Anak-anak banyak yang antusias dan ceria menjawab pertanyaan bu Lia. Bu Lia menyampaikan bahwa latar belakang masalahnya adalah adanya temuan anak-anak kelas TK A dan KB B saat bermain masih kurang aman seperti tidak mau bergantian. Bu Lia juga mengajak anak-anak mengingat pembelajarannya yaitu kesepakatan bermain dengan aman. Kesepakatan yang dibuat bersama antara kelas TK A dan KB B :

1. Bergantian

2. Berhati-hati

3. Fokus di area bermain

4. Mengingatkan dengan suara biasa

5. Mengantri

Sebelum istirahat, bu Lia menceritakan konsep wahana bermain untuk merayakan hasil belajar anak-anak, seperti membeli tiket terlebih dahulu dan anak bermain bersama orang tua.

 

Setelah istirahat, anak-anak dan orang tua diajak membentuk kelompok berdasarkan warna. Orang tua dan dan anak terlihat antusias dan semangat saat bu Lia memandu untuk mengambil kertas yang terdiri dari berbagai warna untuk kemudian anak-anak menyebutkan warna yang didapat, kemudian mencari kelompok yang mendapat warna yang sama. Pembentukan kelompok ini juga menstimulus anak-anak mengenali warna.




“Saya mau masuk di wahana bermain.” Celetuk anak-anak yang sudah menerima tiket masuk dan menggandeng orang tuanya untuk mengantri masuk ke wahana bermain.

Di dalam wahana bermain ada berbagai jenis permainan, diantaranya bermain gelembung dan meronce, bermain mainan dari kardus, menghitung keripik bawang, menghias donat, dan bermain kuda-kudaan.



Masuk di wahana bermain, anak-anak dan orang tua bermain bersama secara bergantian di setiap item wahana bermain. Banyak anak saat refleksi mengatakan seru dan asyik, yang paling diminati yaitu bermain gelembung. Mas Hasan, anak kelas KB B mengatakan kalau suka bermain ronce dengan bentuk hati, telur, dan kotak.

Orang tua juga terlihat senang bermain seru bareng anak-anak, ada yang sengaja mengamati anak-anak mandiri bermain, ada yang terlibat ikut berkolaborasi bareng anak.

“Alhamdulillah kegiatan PHB kali ini menyenangkan sekali. Untuk tahun depan harapannya lebih baik lagi untuk pembagian kegiatan outdoor dan indoor.” Ucap salah satu orang tua saat menyampaikan refleksi acara PHB kali ini. Acara PHB kolaborasi kelas TK A dan KB B diakhiri dengan doa bersama.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar