Rabu, 31 Mei 2023

PERAYAAN HASIL BELAJAR KELAS 4 SD

 



Suara musik terdengar mengiringi anak-anak dan guru kelas 4 SD saat senam bersama sebelum acara perayaan hasil belajar ( PHB ) kelas 4 SD dimulai. Beberapa orang tua terlihat sudah hadir di tempat acara. PHB kelas 4 SD ini dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2023. Setelah senam, bu Ofi sebagai MC kemudian membuka acara secara resmi dengan berdoa bersama dan dilanjut mempersilahkan anak-anak membacakan nadhoman Aqidatul Awam diiringi dengan hadroh. Anak-anak terlihat khidmat membacakan nadhoman Aqidatul Awam. Seusai itu, bu Ofi mengajak anak-anak kelas 4 untuk mengingat seputar pembelajaran mabda'nya dengan tanya jawab. “Sifat wajib Allah ada 20, Bu.” Jawab salah satu anak, dan kemudian secara bersamaan anak-anak melantunkan sifat wajib Allah.

Masih dalam rangkaian pembukaan, bu Ofi mempersilahkan mas Sahil, salah satu anak kelas 4 untuk membaca tilawah al-Qur'an yang memang sekaligus menampilkan risetnya mendalami qiro’ah. Mas Sahil membaca surah Al-An'am ayat 1-5. "Saya berlatih qiroah dan sudah mulai percaya diri membacakan qiroah setelah latihan dengan Bapak di rumah.” Ucap mas Sahil saat ditanya refleksi risetnya.



Sebelum ke acara selanjutnya, bu Ofi mengajak orang tua untuk melihat video proses pembelajaran riset anak kelas 4 yang telah ditampilkan di layar sembari istirahat menikmati camilan yang telah disuguhkan. Selang beberapa menit istirahat, orang tua dipersilahkan untuk mengambil tiket teater dan snack popcorn. Setelah menerima tiket masuk ke teater, orang tua masuk ke ruangan, tempat diadakannya teater. Yang tak kalah menarik dan bermakna, anak-anak dan guru kelas 3 juga berkunjung sebagai tamu undangan sekaligus melakukan sumatif asesmen pembelajarannya.

“Penampilan teater yang bertemakan belajar melestarikan hewan ini berangkat dari latar belakang masalah setelah mengamati hewan-hewan yang ada di Ngulahan park. Di Ngulahan Park anak-anak menemui peristiwa ada hewan yg hampir akan punah seperti harimau. Penjaga Ngulahan Park juga berpesan bahwa anak-anak perlu melestarikan hewan supaya anak cucu kelak bisa mengetahui hewan-hewan yang akan punah. Sehingga sebagian besar anak kelas 4 SD, pada tahun ini tertarik dan memilih riset tentang hewan-hewan.” Jelas bu Ofi menyampaikan tema pembelajaran riset kelas 4 SD.

Setelah penonton teater tentang melestarikan hewan ini sudah siap, penampilan teater pun dimulai dengan lancar sesuai alur cerita. Terdengar gelak tawa orang tua saat ada adegan lucu dalam cerita teater. Ada juga orang tua yang terlihat terharu dengan penampilan anak-anak yang percaya diri memerankan perannya, seperti ada yang memerankan karakter binatang, penjaga hutan, polisi, dan lain-lain.  


Setelah penampilan teater, acara dilanjut foto bersama. Mas Mukhlis kelas 3 menyampaikan kesannya setelah melihat teater kelas 4 SD. Mas Mukhlis mengatakan bahwa teaternya lucu karena ada karakter hewan-hewan. Dari cerita itu, dia belajar tentang pentingnya menjaga hewan, terutama hewan-hewan yang terancam punah di bumi.

Tak kalah menarik dan bermakna, seusai penampilan teater, orang tua diajak untuk berkeliling melihat pameran karya anak-anak, orang tua juga banyak yang wawancara dengan anak-anak seputar risetnya. Seperti salah satu orang tua ada yang mewawancarai mas Ques dan mas Segaf tentang contoh hewan yang sudah punah yaitu dinosaurus.


 Acara penutup tidak seperti biasa, bu Dina salah satu guru keals 4 juga memandu orang tua membentuk kelompok untuk berkolaborasi bersama anak dalam melukis atau mewarnai gambar hewan di atas totebag sebagai kampanye melestarikan hewan yang hampir punah.

“Ini ide anak-anak,  mulai dari ide gambar dan kata-katanya juga. Kampanye ini juga harapannya bisa bermanfaat untuk orang tua saat dibawa pulang.” Ucap bu Dina.

Dan di sela-sela kegiatan melukis dan mewarnai totebag, orang tua menuliskan refleksi acara PHB kelas 4 SD, kemudian ditutup dengan doa bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar