Minggu, 07 Februari 2021

PROFIL SEKOLAH ISLAM UMAR HARUN - SARANG REMBANG

 


PROFIL SEKOLAH ISLAM UMAR HARUN

VISI 

Membangun lingkungan belajar yang mendukung tumbuhnya pribadi Berintegritas,

Merdeka Belajar, dan Kolaboratif.

 MISI

1. Memanusiakan Hubungan

   Praktik pembelajaran yang dilandasi orientasi pada murid berdasarkan relasi positif yang saling memahami antara guru, murid, dan orang tua.

2. Memahami Konsep

    Praktik pembelajaran yang memandu murid bukan sekedar menguasai konten, tapi menguasai pemahaman mendalam terhadap konsep yang dapat diterapkan di beragam konteks.

3. Memilih Tantangan

   Praktik pembelajaran yang memandu murid menguasai keahlian melalui proses yang berjenjang dengan pilihan tantangan yang bermakna.

4. Memberdayakan Konteks

    Praktik pembelajaran yang memandu murid melibatkan sumber daya dan kesempatan di komunitas sekitar sebagai sumber belajar sekaligus kesempatan berkontribusi tehadap perubahan.

5. Membangun Keberlanjutan

    Praktik pembelajaran yang memandu murid mengalami rute pengalaman belajar yang terarah dan berkelanjutan melalui umpan balik dan praktik baik.


METODE PEMBELAJARAN

  Sekolah Islam Umar Harun menggunakan metode pembelajaran Blended Learning yaitu pembelajaran berbasis riset yang dilaksanakan di sekolah dan di rumah dengan pendampingan serta kerjasama dari guru dan orang tua. Pembelajaran ini dilaksanakan dengan menggunakan prinsip Merdeka Belajar, yaitu:

    - Komitmen pada Tujuan

    - Mandiri dalam menentukan Cara

    - Siap melakukan Refleksi


METODE PENILAIAN

  Sekolah Islam Umar Harun menerapkan metode penilaian otentik dengan menggunakan prinsip:

   1. Ipsative, yaitu penilaian capaian murid dilakukan dengan menganalisa kompetensi awal murid dibandingkan dengan kompetensi murid tersebut setelah proses pembelajaran. Capaian seorang murid tidak dibandingkan dengan murid lain, namun dengan dirinya sendiri. Dengan demikian, Sekolah Islam Umar Harun tidak menggunakan sistem ranking.

    2. Berorientasi pada proses, tidak sekedar hasil akhir.

    3. Komprehensif, mencakup ranah afekti (sikap), psikomotorik (keterampilan), dan kognitif (pengetahuan).


JADWAL PEMBELAJARAN

   Jadwal pembelajaran Sekolah Islam Umar Harun menggunakan sistem blanded learning atau pembelajaran campuran, yaitu pembelajaran yang terintegrasi dengan kegiatan anak di rumah. 

Jam Belajar Di Sekolah :

    1. TPA (Khusus anak dari guru Sekolah Islam Umar Harun) : 08.00 - 12.00 WIB

    2. KB A dan KB B : 08.00 - 11.00 WIB

    3. TK A dan TK B : 08.00 - 12.00 WIB

    4. SD : 08.00 - 12.00 WIB

     

BIAYA PENDIDIKAN

    1)    Biaya Pendaftaran 

           a. PAUD (TPA, KB, TK) : Rp. 1.947.000,- dengan rincian sebagai berikut :

               -       Pendaftaran                : Rp. 50.000,-

               -       Daftar Ulang               : Rp. 30.000,-

               -       Uang Pangkal             : Rp. 1.500.000,-

               -       SPP Bulan Juli 2021    : Rp. 300.000.-

               -       Buku KK                      : Rp. 67.000,-

           b. SD : Rp. 3.447.000,- dengan rincian sebagai berikut :

               -       Pendaftaran               : Rp. 50.000,-

               -       Daftar Ulang              : Rp. 30.000,-

               -       Uang Pangkal            : Rp. 3.000.000,-

               -       SPP Bulan Juli 2021   : Rp. 300.000.-

               -       Buku KK                     : Rp. 67.000,-

          Biaya Pendaftaran dibayarkan melalui transfer ke :
          Rekening                : Giro BRI
          Atas Nama             : Yayasan Umar Harun
          Nomor Rekening    : 603301000108302

    2)   Biaya Bulanan: 

               -       SPP                           : Rp. 300.000,-

    3)   Biaya Tahunan

               -       Daftar Ulang              : Rp. 30.000,-


RAGAM KEGIATAN

   Sekolah Islam Umar Harun menyelenggarakan layanan belajar bagi semua orang yang terlibat di dalamnya, baik murid, guru, karyawan, orang tua maupun yayasan pengelola, melalui beragam aktivitas antara lain:

1. Pembelajaran Berbasis Riset

  Sekolah Islam Umar Harun menyelenggarakan pembelajaran dengan berbasis riset. Murid diajak mengamati, meneliti dan belajar secara langsung dari lingkungan sekitar serta ragam peristiwa sehari-hari melalui siklus Daur Belajar, yaitu; melakukan, mengungkapkan data, menganalisa, menyimpulkan, dan menerapkan. 

  Dengan pendampingan guru dan orang tua, murid terlibat secara langsung dalam program riset ini. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga presentasi. Murid juga diberi kesempatan untuk melakukan evaluasi, refleksi dan perbaikan. 

(Dok. Riset PAUD - Mengamati Hewan Sekitar)

(Dok. Riset SD Membuat Stik Bawang)

(Dok. Riset SD - Presentasi Karya dari Kardus)

 2. Program Kolaborasi 

   Selain program pembelajaran yang dirancang dan dilakukan secara mandiri, Sekolah Islam Umar Harun juga mengadakan program pembelajaran berkolaborasi dengan sekolah lain. Program kolaborasi yang telah dilakukan antara lain:

      1.  Kolaborasi TPA Umar Harun dengan Sekolah Rumah Main Cikal, Cilandak

      2.  Kolaborasi KB B Umar Harun dengan Sekolah Rumah Main Cikal, Cilandak

      3.  Kolaborasi TK A Umar Harun dengan Sekolah Rumah Main Cikal, Cilandak

      4.  Kolaborasi TK B Umar Harun berkolaborasi dengan Sekolah Rumah Main Cikal, Surabaya

      5.  Kolaborasi 1 SD Umar Harun berkolaborasi dengan Sekolah Cikal Year 1, Serpong

      6.  Kolaborasi 2 SD Umar Harun berkolaborasi dengan Sekolah Cikal Year 2, Serpong 

      7.  Kolaborasi 3 SD Umar Harun berkolaborasi dengan Sekolah Cikal Year 3, Serpong

      8.  Kolaborasi 3 SD Umar Harun berkolaborasi dengan SD YPJ Kuala Kencana, Papua

      9.  Kolaborasi 4 SD Umar Harun berkolaborasi dengan Sekolah Cikal Year 4, Serpong

(Dok. Kolaborasi Kelas TK A dengan Sekolah Cikal, Cilandak)

(Dok. Kolaborasi Kelas 3 SD Umar Harun
dengan SD YPJ Kuala Kencana, Papua)


2. Temu Pendidik Sekolah (TPS)

    Temu Pendidik Sekolah merupakan program belajar bagi guru di internal lingkungan sekolah. Program ini diadakan 2 kali dalam seminggu, yaitu hari Sabtu dan Minggu. Di TPS ini, guru diberi kesempatan untuk saling belajar dan berbagi praktik baik pembelajaran.

(Dok. Kegiatan TPS di Sekolah Islam Umar Harun)


3. Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) dan Jaringan Sekolah Madrasah Belajar (JSMB)

    Saat ini, Sekolah Islam Umar Harun berjejaring dan menjadi penggerak di KGBN dan JSMB. Guru-guru mendapatkan kesempatan belajar yang luas di komunitas dan jaringan tersebut. Beberapa program belajar yang rutin diikuti antara lain:

      1. Temu Pendidik Daerah (TPD) 

          Program belajar antar guru se-Kabupaten, baik secara daring ataupun luring.

      2. Temu Pendidik Live (TPL)

          Program belajar mingguan antar guru se-Nusantara secara daring.

      3. Temu Pendidik Nusantara (TPN)

          Program belajar antar guru se-Nusantara, baik secara daring ataupun luring.

(Dok. Saat menjadi Pembicara di TPN 2019)

(Dok. Sesi belajar bersama Menteri Pendidikan Nadiem Makarim
dan Najeela Shihab - TPN 2019)

(Dok. TPN 2020 Saat Pandemi)
(Dok. Menjadi Pembicara Live di TPN 2020)

   4. Obrolan Guru Merdeka Belajar (OGMB) dan Obrolan Pemimpin Merdeka Belajar (OPMB)

     Diskusi pendidikan secara daring dengan beragam narasumber yang memiliki perhatian pada pendidikan yang merdeka belajar.


4. Sesi Rangkul / Kelas Orang tua

    Sekolah Islam Umar Harun juga berjejaring dengan yayasan Keluarga Kita dan menjadi relawan Keluarga Kita untuk wilayah kabupaten Rembang. Relawan Keluarga Kita atau yang sering disingkat dengan istilah "Rangkul" mengadakan berbagai sesi belajar bersama baik secara daring maupun luring. Sesi Rangkul ini merupakan wadah bagi orang tua untuk bersama-sama belajar dan berbagi pengalaman serta pengetahuan tentang kepengasuhan dan pendidikan keluarga. Karena sejatinya kepangasuhan adalah urusan bersama dan tidak ada orang tua yang sempurna. 

(Dok. Kegiatan Sesi Rangkul)


PROFIL GURU

    Sekolah Islam Umar Harun memiliki 34 tenaga pengajar. Setiap kelas didampingi oleh 3 atau 4 guru fasilitator. Hampir semua guru telah mengikuti pelatihan GMB (Guru Merdeka Belajar) yang diadakan oleh Yayasan Guru Belajar bekerjasama dengan Kampus Guru Cikal dan Komunitas Guru Belajar Guru Nusantara. 

    Selain melakukan tugas utama sebagai guru fasilitator mendampingi proses belajar murid, Sekolah Islam Umar Harun mendukung dan memberi kesempatan yang luas bagi para guru untuk merintis dan mengembangkan karir proteannya. Beberapa guru telah mengembangkan diri menjadi guru pembicara, guru penulis, guru pengembang kurikulum, guru promotor, guru pelatih, guru pembuat konten, guru pembuat desain komunikasi visual, guru pembuat media belajar, dan lain-lain. 

    Beberapa karya yang telah dihasilkan oleh para guru antara lain; buku referensi belajar, tulisan praktik baik pembelajaran yang dimuat dalam Surat Kabar Guru Belajar, antologi cerpen, antologi puisi, antologi cergam, antologi karya ilmiah, board game, video pembelajaran, flash card, dan lainnya.

    Adapun pelatihan yang sudah diikuti oleh guru, antara lain; 

    1. Pelatihan Metode Baca al-Qur'an "Ummi"

    2. Pelatihan Metode Sentra dan magang di Sekolah Batutis Al-Ilmi, Bekasi

    3. Pelatihan Karakter Positif bersama Matahati Care Center, Malang

    4. Pelatihan Guardian Angel Multiple Intelegences bersama Next Edu, Surabaya

    5. Pelatihan dan magang di SD Semai, Jepara

    6. Seminar Disleksia, di Semarang

    7. Workshop dan magang di sekolah-sekolah dalam jaringan Gerakan Sekolah Menyenangkan, Yogyakarta

    8. Pelatihan Guru Merdeka Belajar, Kampus Guru Cikal

    9. Workshop di Early Childhood Care and Development - Resource Center, Yogyakarta

    10. Pelatihan dan magang di Sekolah Tumbuh 3, Yogyakarta

    11. Pelatihan Kurikulum Merdeka di Sanggar Anak Alam, Yogyakarta

    12. Magang di Sanggar Anak Alam, Yogyakarta

    13. Pelatihan Riset dan Daur Belajar bersama mbak Tyas, Fasilitator Sanggar Anak Alam, Yogyakarta

    14. Pelatihan Menulis bersama mbak Tyas, Fasilitator Sanggar Anak Alam, Yogyakarta

    15. Pelatihan Matematika bersama Magis (Matematika Logis) 

    16. Pelatihan Matematika bersama Gernas Tastaka (Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Matematika)


CONTOH KARYA TULIS MURID, GURU, DAN ORANG TUA

1. Karya Murid : 

- Laporan Riset Tanaman Obat

https://sekolahislamumarharun.blogspot.com/2020/06/laporan-riset-tanaman-obat-afaf-kelas-3.html

- Laporan Riset "Sejarah Sunan Bejagung Kidul-Tuban" 

2. Karya Guru : 

- The Power Of "Kesepakatan"

https://sekolahislamumarharun.blogspot.com/2020/10/the-power-of-kesepakatan.html

3. Karya Orang Tua : 

- Belajar Mengelola Emosi Mulai Dari Diri Sendiri

https://sekolahislamumarharun.blogspot.com/2020/10/belajar-mengelola-emosi-mulai-dari-diri.html